Kamis, 17 September 2015

Langkah-Langkah Klaim Asuransi Mobil Yang Benar


Asuransi Mobil
Image Source carsinsurance4all.com


Apabila terjadi insiden, cukup klaim ganti rugi kerusakan ke pihak asuransi, dan mobil/motor dapat sembuh seperti sedia kala tidak dengan mesti merogoh kocek dalam-dalam. Tetapi, untuk menentukan klaim asuransi mobil cair, pastikan ikuti prosedur klaim kendaraan dengan benar.
Prosedur klaim asuransi mobil lumayan gampang, kok. Yang penting kita teliti dan tidak mempunyai anggapan enteng urusan administrasi. Berikut ini step klaim asuransi mobil :

1. Langkah pertama
Kalau terjadi kecelakaan yang membuat kendaraan rusak, cepat photo bidang yang rusak. Ini terutama jika kendaraan itu rusak berat atau bahkan hingga tidak mampu jalan. Photo ini penting juga sebagai bukti disaat klaim asuransi kelak.

2. Siapkan Dokumen
Segera sediakan dokumen yang menjadi persyaratan klaim, jadi sebelum anda mengajukan klaim coba tanyakan terlebih dahulu dokumen apa saja yang jadi persyaratan untuk klaim asuransi mobil anda.

3. Datangi bengkel rekanan
Sesudah berkas terkumpul, datangi bengkel rekanan dan katakan kepada orang bengkel bahwa anda hendak klaim asuransi. Bengkel rekanan bakal menghubungi perusahaan asuransi dan menyurvei kerusakan. Jangan Sampai datangi bengkel yang bukan rekanan dan serta-merta lakukan servis. Jika demikian, ya siap-siap saja klaim di tolak.

Kalau kecelakaan yang membuat mobil rusak terjadi di luar kota, cepat hubungi kantor perwakilan perusahaan asuransi di daerah terkait. Lalu ceritakan insiden itu dan minta tata cara untuk jalankan klaim di sana. Batas maksimal untuk menghubungi perusahaan asuransi yakni 3 x 24 jam sesudah kecelakaan.

4. Mengisi formulir
Saktu berada di bengkel, kita akan diberikan selembar formulir klaim. Isilah formulir tersebut dengan sejelas-jelasnya dan sejujur-jujurnya. Janganlah beranggapan mudah detil-detil kejadian seperti jam berapa, nomer jalan, dan sebagainya. Terus, janganlah coba-coba berbohong, dikarenakan mereka pasti bakal memeriksa.

Apabila tidak begitu, berarti tak niat untuk dapat klaim. Pasalnya, bila data pada formulir tak sesuai dengan yang ada di lapangan, seratus persen dapat di tolak deh!

Sesudah seluruh step diatas dilalui, tinggal tunggu info dari bengkel. Seandainya kerusakan cuma lecet sedikit, paling 2-3 hari telah kelar. Maksimal 7 hari.

Namun jikalau kerusakannya parah sekali, bisa dua pekan bahkan hingga sebulan waktu perbaikan. Apalagi kalau mesti mendatangkan spare part dari luar negeri alias impor. Barang tersebut baru tersedia sesudah mendapat order.

Jadi apabila bengkel menyampaikan mesti order spare part dulu, minta kepastian kapan kendaraan dapat diambil. Khusus mobil, biasanya perusahaan asuransi saat ini menyediakan kendaraan pengganti untuk mobil yang mesti menginap di bengkel dalam dalam waktu lama.

Namun ya itu, rata-rata ada stiker “mobil pengganti PT bla..bla..bla..” tertempel di mobil tersebut. Seandainya tidak merasa risih dengan adanya stiker itu, kita dapat meminta mobil yang lain. namun pertolongan itu rata-rata berhenti 5 x 24 jam sesudah mobil kita masuk bengkel.
Itulah step demi step prosedur klaim asuransi mobil dan motor pada biasanya.

Pastikan lalui tahapannya tepat dengan aturan supaya klaim asurasi cair. Jadi, premi yang telah dibayar tak mubazir dan kita tidak perlu mencak-mencak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar